Jumat, 07 Maret 2014

SINUSITIS.....

Pengertian sinusitis adalah infeksi pada satu atau lebih dari dinding rongga di sekitar hidung. Biasanya, bila sinus terinfeksi, membran hidung juga ikut membengkak yang mengakibatkan hidung tersumbat.
Pembengkakan membran hidung itu dapat mengakibatkan tertutupnya celah sinus sehingga menghalangi mengalirnya nanah atau ingus keluar dari rongga hidung.

Rasa nyeri pada sinus diakibatkan oleh peradangan itu sendiri atau akibat tekanan karena menumpuknya lendir di sinus Anda.

Penyebab Sinusitis ...
dapat berupa bakteri, virus atau jamur. Selesma biasa juga merupakan salah satu penyebab utama infeksi Sinusitis. alergi juga dapat mengakibatkan terjadinya infeksi sinusitis.

Gejala sinusitis adalah ...
Rasa sakit di sekitar mata atau pipi, demam dan sulit bernafas dengan hidung. Kadang-kadang timbul rasa sakit gigi, atau sakit kepala yang menyerupai migren.

Untuk menyembuhkan sinusitis..

Perawatan sendiri bisa melakukannya dengan 2 cara,...

Tetap tinggal dalam ruangan dengan temperatur yang sama
Hindari sering membungkuk dengan kepala tertunduk. Gerakan ini biasanya dapat meningkatkan rasa sakit pada penderita sinusitis.
Cobalah menggunakan kompres hangat pada wajah, atau dengan hati-hati menghirup uap dari baskom air mendidih.
Minumlah banyak cairan untuk membantu melarutkan lendir yang ada didalam rongga hidung.
Buang dengan teratur ingus Anda dengan cara yang lembut.
Minum obat penghilang rasa sakit.
Gunakan obat pencair lendir yang dijual bebas.

Berhati-hatilah menggunakan antihistamin yang dijual bebas. Obat itu dapat lebih merugikan daripada menolong Anda karena akan dapat membuat hidung Anda kering dan mengentalkan lendir. Gunakan obat itu hanya bila atas saran dokter, dan ikuti petunjuknya dengan seksama.

Pertolongan Medis...

Pergilah ke dokter bila Anda mengalami demam lebih dari 38°C, kalau rasa nyeri tidak hilang dalam waktu 24 jam, atau bila rasa sakit itu timbul berulang kali. Foto sinar-X serta berbagai pemeriksaan lain akan dilakukan untuk mencari tahu seberapa berat infeksi tersebut. Kalau infeksi itu disebabkan oleh bakteri, dokter akan memberikan resep antibiotik untuk 7-14 hari.

0 komentar:

Posting Komentar