Jumat, 07 Maret 2014

INFO : KESEHATAN ..... MIGRAINE ....

MIGRAINE ....

Pengertian Migraine / Sakit Kepala adalah Suatu Gangguan atau penyakit yang terjadi di dalam kepala yang dapat menimbulkan terdapatnya rasa sakit, dan biasanya sebelah / terkadang keseluruhan bagian kepala. Rasa sakit yang ditimbulkan oleh migraine terkadang bukan hanya di daerah sekitar kepala saja, tetapi dapat menjalar ke area lainnya seperti leher atau punggung bagian atas.

Migraine terjadi AKIBAT adanya hiperaktifitas impuls listrik di otak, sehingga menyebabkan terjadinya peningkatan aliran darah di otak, akibatnya terjadi pelebaran pembuluh darah otak serta proses inflamasi. Pelebaran dan inflamasi ini menyebabkan timbulnya nyeri dan gejala yang lain, misalnya mual. Semakin berat inflamasi yang terjadi, semakin berat pula migraine yang diderita. Nah, hal tersebutlah yang menjadi pemicu terjadinya migraine.

Pemicu migrain pada beberapa orang antara lain:

Bau-bauan yang menyengat, lampu terang yang menyilaukan atau bunyi yang keras/kebisingan.
Perubahan suhu/cuaca atau ketinggian.
Kelelahan, stress atau depresi.
Perubahan dalam pola tidur
Beberapa makanan tertentu (lihat daftar makanan dibawah ini), khususnya makanan yang mengandung tiramin, sodium nnitrat atau fenilalanin.
Tidak makan atau berpuasa.
Siklus menstruasi, pil atau hormon untuk kontrasepsi.
Aktifitas fisik atau olahraga berat, termasuk hubungan seksual.
Merokok.

Obat Medis...

Analgesik dikombinasikan dengan antiemetics.
MigraMax (aspirin dengan metoclopramide), Migraleve (parasetamol/kodein untuk analgesia, dengan buclizine sebagai Antimuntah) dan parasetamol/metoclopramide (Paramax di Inggris). Sebelumnya obat ini diambil dalam serangan, semakin baik efeknya.

Obat Tradisionilnya....

Serbuk kopi murni 2 sdt, diseduh dengan air mendidih 1 gelas, dan madu 1 sdm. Diaduk baik-baik lalu diminum sampai 1 – 2 x sehari 1 gelas.
Bawang putih 2 butir, dibuang kulitnya, dikunyah perlahan-lahan. Sesudah lumat lalu ditelan yang disusul dengan air masak yang hangat 2 x sehari.
Daun sangket 2 genggam, direbus dengan air bersih 5 liter sampai mendidih 15 menit. Hangat-hangat kuku jadikan air mandi dan rendam tubuh 1 – 2 x sehari.
Rimpang jahe 1/2 jari, rimpang lempuyang 1/2 jari, rimpang kencur 3/4 jari, pula sari 3/4 jari. Bahan-bahan ini dicuci dan ditumbuk halus. Sesudah halus, remas dengan air masak 4 sdm, dan madu murni 2 sdm. Saring lalu minum 3 x sehari 2 sdm.

Semoga Bermanfaat ,,

0 komentar:

Posting Komentar