Jumat, 07 Maret 2014

INFO : KESEHATAN ....... ASAM URAT

ASAM URAT... (normal: Lk: 3,4-7,0 mg/dl, Pr: 2,4-5,7 mg/dl)

Ada dua faktor utama sebagai penyebab atau sebab terjadinya penyakit asam urat pada seseorang.

1.Penyebab Asam Primer
Penyebab ini sangat terkait dengan faktor dari dalam tubuh seseong namun belum diketahui secara pasti. Diduga disebabkan oleh faktor GENETIK dan ketidak seimbangan hormonal dalam tubuh yang menyebabkan gangguan metabolisme yang dapat mengakibatkan meningkatnya produksi asam urat. Bisa juga disebabkan oleh terganggunya proses pengeluaran asam urat dari tubuh karena ginjal lagi bermasalah.

2.Penyebab Penyakit Asam Urat Sekunder
Penyebab ini sangat berkait erat dengan asupan MAKANAN yang masuk ke dalam tubuh. Konsumsi makanan yang banyak mengandung purin sebagai faktor utama untuk penyebab sekunder ini. Produksi asam urat meningkat karena kita mengkonsumi nutrisi kadar purin tinggi. Purin merupakan salah satu senyawa basa organik yang menyusun asam nukleat (asam inti dari sel). Dia termasuk dalam kelompok asam amino, unsur pembentuk protein.

Asam urat dapat menimbulkan rematik/encok, sakit sendi lutut, pinggang, punggung, pinggul, pundak, bahu, mengganggu prostat, saluran dan kandung kemih, darah tinggi, menimbulkan batu ginjal, gagal ginjal, dapat memicu jantung koroner dan diabetes mellitus/kencing manis.

Obat Medis...

Analgesik, obat anti-nyeri,Obat anti-inflamasi non-steroid seperti natrium naproxen, ibuprofen, atau indometasin untuk mengatasi peradangan,Colchicine digunakan untuk mengobati radang sendi akut dan mencegah serangan akut berulang,Obat-obatan diuretik/agen uricosic seperti probenesid dan sulfinpyrazone diberikan setelah serangan asam urat selesai,Allopurinol untuk menurunkan produksi asam urat dalam tubuh,Kortikosteroid atau hormon adrenokortikotropik dapat digunakan untuk pasien yang tidak toleran terhadap obat anti inflamasi non-steroid atau colchicine.

RAMUAN PENGOBATAN:
Meniran (semua bagian), kumis kucing (daun), lengkuas (umbi), jahe (umbi), salam (daun), alpokat (daun), sambiloto (daun), alang-alang (akar), pegagan (daun), buah merah (sari buah), seledri (daun dan batang), tempuyung (daun), pare (buah), daun sendok (biji). Perbanyak minum air putih, minimal 4 gelas sehari.

Terapi doanya....

بِسْمِ اللهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ

بسْمِ اللهِ الشَّافِى.ِبسْمِ اللهِ الْمُعَافِىْ

Bacakan ayat ini apabila mengurut pada tempat-tempat yang sakit dan sendi-sendi tubuh. Bacalah berulang-ulang. Inya-Allah penyakitnya akan cepat sembuh.

Semoga Bermanfaat ,,,

0 komentar:

Posting Komentar