Jumat, 07 Maret 2014

KEBIASAAN harian yang tidak disadari memiliki efek buruk untuk kesehatan...

KEBIASAAN harian yang tidak disadari memiliki efek buruk untuk kesehatan...

1. Duduk bersila dalam jangka waktu lama.

Duduk dengan menyilangkan kaki dapat meningkatkan tekanan darah. Peningkatannya tekanan darah sistolik dapat mencapai 7 persen dan diastolik 2 persen. Sebaiknya tidak duduk sila lebih dari seperempat jam dan selingi dengan gerakan lain. Bila telah bersila selama 45 menit, imbangi dengan jalan kaki.

2. Berdiri dengan posisi lutut lurus dalam waktu lama.

Hal ini menimbulkan tekanan dan stres pada sendi. Jika Anda terus menerus berdiri maka otot-otot seakan terkunci dan selalu menegang. Sendi mesti menanggung beban yang berat. Sebaiknya, berdiri dengan lutut sedikit ditekuk jika situasi mengharuskan Anda berdiri lama.

3. Tidur tengkurap.

Tidur seperti ini tidak membuat pergi lemak-lemak yang ada di prut. Sebaliknya, posisi tengkurap membuat leher berada dalam posisi tidak wajar dan menghambat sirkulasi darah. Salah satu efeknya adalah leher terasa nyeri saat dipakai menengok ke salah satu sisi.

4.Memakai sabuk celana secara ketat.
Mungkin dengan cara tersebut pinggang menjadi tampak ramping. Namun, kebiasaan ini dalam jangka panjang menciptakan tekanan dalam perut dan mengganggu kerja pencernaan. Asam lambung dapat meninggi. Sabuk celana boleh ketat selama masih tetap nyaman untuk dipakai duduk, membungkuk, dan pernapasan tidak terganggu.

5. Meregangkan otot begitu bangun pagi.

Ini sebenarnya tidak disarankan. Sebaiknya setelah bangun tidur lakukan gerakan dulu beberapa saat seperti berjalan, menyikat gigi, dan sebagainya, baru dilanjutkan melakukan peregangan tubuh. Risiko yang muncul kalau langsung peregangan usai bangun tidur yaitu sakit pada otot punggung atau leher.

6. Mengunyah permen karet sepanjang waktu.

Mengunyah permen karet dalam dapat meningkatkan kemampuan untuk berkonsentrasi dan berpikir. Namun jika dilakukan sepanjang hari, hal itu membahayakan otot rahang. Kalau permen tersebut penuh kandungan gula akan merusak gigi.

7. Memakai celana ketat.

Celana jins ketat, misalnya, akan menghambat peredaran darah di area kaki.

Waspadai kebiasaan ini...!!

0 komentar:

Posting Komentar