Jumat, 07 Maret 2014

RAJAWALI YANG CERDIK ,,,

Di Suatu hari yang panas seekor rajawali sangat haus dan ingin minum. Sungai amat jauh dan sangat melelahkan jika terbang ke sana untuk minum. Ia tidak melihat kolam air di mana pun. Ia terbang berputar-putar. Akhirnya ia melihat sebuah tempayan di luar rumah. Rajawali terbang turun ke tempayan itu. Di sana ada sedikit air di dasar tempayan. Rajawali memasukkan kepalanya ke dalam tempayan tetapi ia tidak menggapai air itu. Ia memanjat ke atas tempayan. Ia memasukkan lagi kepalanya ke dalam tempayan tetapi paruhnya tidak bisa mencapai air itu.

Kemudian ia mencari akal. Rajawali itu terbang tinggi dan kemudian turun menuju ke tempayan untuk memecahkannya dengan paruhnya tetapi tempayan itu amat kuat. Ia tidak dapat memecahkannya. Rajawali itu keluar terbang kearah tempayan kemudian ia menabrakkan sayapnya. Ia mencoba memecahkannya, agar airnya akan keluar membasahi lantai. Tetapi tempayan itu amat kuat. Rajawali itu amat letih bila harus terbang lebih jauh lagi. Ia berpikir ia akan mati kehausan.

Rajawali itu duduk termenung di sarangnya. Ia berpikir terus menerus Ia tidak mau mati karena kehausan. Ia melihat banyak batu-batu kecil di tanah. Ia mendapatkan ide. Ia mengambil batu itu dan memasukkannya ke dalam tempayan. Ia memasukkan dan memasukkan terus. Air itu naik lebih tinggi setiap kali batu jatuh ke dalam tempayan. Tempayan itu hampir penuh dengan batu. Air telah naik sampai ke permukaan. Rajawali yang pintar itu bisa memasukkan paruhnya dan ia mendapatkan air.

Sahabatku:
Pepatah mengatakan bahwa “ Jika ada kemauan pasti ada jalan. “

0 komentar:

Posting Komentar